Tutorial Keterampilan Presentasi Mengajar : Daya Pesona Pribadi Guru.. (1)
Mengapa anda bisa bertahan lama,menyimak, menyaksikan dan
mendengarkan ceramah dari tokoh agama
ternama ..? Mengapa anda begitu tertarik untuk mengikuti alur pembicaraan dari
nara sumber atau motibator kelas wahid dalam durasi yang cukup lama..?
Padahal komunikasi
yang sedang terjadi hanya satu arah ..!. Tidak lain dan tidak bukan dikarenakan
pesona pribadi “pembicara”nya ,mungkin materi yang disampaikan bukan materi
baru dan bermakna ,namun karena pesona pribadinya mampu menghipnotis anda
sehingga anda rela duduk berjam jam mengikuti “ceramah “ yang disampaikan.
Oleh karena itu pembelajaran model ceramah saat ini dianggap
kuno walaupun itu tidak berarti tidak penting dilakukan terutama pada saat
memberikan penjelasan atau penguatan terhadap materi yang telah diajarkan. Daya tarik pribadi alias pesona pribadi
memiliki kekuatan magnet yang luar biasa
untuk memukau,membuat kagum,tertarik dan berhasrat ingin lebih lama “berdekatan”
dengan pribadi yang bersangkutan.
Ibarat matahari pagi yang menerangi bumi dari kegelapan
malam dan menghangatkan serta menyehatkan badan. Oleh karena kompetensi kepribadian guru harus
bisa “memencarkan” pesona pribadi yang luar biasa sehingga peserta didik dapat
terlibat dalam pengalaman belajar yang menyenangkan dan tak terlupakan.
Banyak “mantan” siswa yang berhasil menjadi orang besar
tidak bisa melupakan peran gurunya sebagai motivator dan insipirator
dikarenakan pesona kepribadian guru yang
luar biasa.
Didalam kegiatan pembelajaran daya tariknya siapapun memahami dan mengalami bahwa mereka
tertarik untuk mau secara suka rela belajar dengan bersungguh sungguh
dikarenakan sangat tertarik atau sengaja dibuat tertarik oleh pamaterinya alias
gurunya. Oleh karena itulah berbagai model dan metode pembelajaran bahkan terus menerus dikembangkan dan
disesuaikan mengikuti trend perilaku
peserta didik. Dengan harapan jika
peserta didik merasa sangat tertarik dengan model dan metode pembelajaran
tertentu mereka akan memiliki motivasi belajar yang bersungguh sungguh. Dengan demikian minat dan kebutuhan belajar
siswa lebih tergantung dari metode dan meodel pembelajaran yang dikembangkan.
Namun jika siswa
sangat tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang anda lakukan secara
tiba tiba baik karena anda guru yang
baru mengajar dikelas tersebut atau
pertama mengajar pada tahun ajaran baru ,maka bisa dipastikan pesona pribadi andalah yang
mempengaruhi mereka untuk betah berlama lama mengikti kegiatan pembelajaran. “
Entah kenapa, aku sangat tertarik penampilan dan cara mengajar guru kita tadi
,aku kira mungkin kamu juga..?. Meskipun
itu bukan berarti para siswa akan mudah anda “kuasai” (grabs your student) selamanya,dikarenakan daya tarik sesaat itu
sangatbergantung dari mutu kesinambungan anda dalam mepertahankan kepribadian
yang telah membuat mereka terpesona.
Pada dasarnya
rasa ketertarikan peserta didik terhadap pesona pribadi anda lebih dikarena
persepsi positif terhadap anda, yang
include didalamnya kompetensi profesional,kompetensi
pedagogik ,kompetensi sosial ,kompetensi kepribadian dan kom[petensi
memanfaatkan media pembelajaran terutama TIK.
Lihatlah bagaimana anda begitu terpesonanya terhadap
penampilan seorang Nara sumber/motivator dalam sebuah seminar /pelatihan,perpaduan dari penampilan dan kepribadian mempesona,
keilmuan yang memadai, persuasive
,dialogis dan komunikatif, class
management , pemanfaatan media dan sumber belajar yang relevan serta
pendayagunaan TIK sebagai penguat presentasinya. Bagaimana dengan pesona
kepribadian anda..?
Komentar
Posting Komentar