DAYA TARIK KEPRIBADIAN GURU DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

Dalam kegiatan  pembelajaran peranan kepribadian guru akan memberikan dampak yang sangat besar  terhadap keberhasilan mencapai  tujuan pembelajaran itu sendiri . Tujuan pembelajaran dapat berupa  daya serap siswa,  minat perhatian terhadap mataeri yang diajarkan, peningkatan kompetensi,daya saing dan prestasi yang diraih sampai semangat dan motivasi belajar siswa.
“Personality is the dynamic organization within the individual of those  psychophysical system that determine his unique adjustment to  his environment”. Gordon W Allport, “ The Individual and His Religion” .
Silahkan anda amati perkembangan motivasi belajar siswa selama semester awal yang telah anda lewati,..?. Mungkin  rata rata  prestasi belajar siswa –siswi dalam satu kelas dibawah  siswa- siswi kelas  lain. Anda sebagai guru yang jarang mendapat sambutan baik dari para siswa, bahkan mengeluh atas kehadiran anda.  Tidak jarang anda sering melihat siswa siswi anda mengadu dan mengeluh tentang perilaku anda kepada rekan guru yang lain. Kalau situasi ini  terjadi,kemungkinan anda sedang mengalami  suatu masalah yang serius atas kepribadian yang anda miliki.


Moreover,  if you goodness to your child  but  he sees that you don’t  practice it, the research evidence  suggest  that  he will  be more influenced by  what to  you do by what  you say  ‘. Harris,  M.B. Reciprosity and generosity : Some determinants of sharing in children
Jangan pernah berharap siswa siswi akan patuh begitu saja,karena siswa siwi saat ini  tidak memiliki keterikatan dan kewajiban untuk patuh tanpa syarat atas perilaku anda yang tidak menyenangkan. Dan anda tidak memiliki hak untuk memaksa mereka untuk tertarik dan berminat serta patuh begitu saja kepada anda. Setiap orang akan tertarik kepada orang lain yang memiliki daya tarik yang dapat membangkitkan minatnya untuk tertarik,dan itu adalah kepribadian,tepat Kompetensi Kepribadian Pendidik .
Kunci seorang pendidik adalah kompetensi kepribadian yang tercermin pad kemampuan untuk menginspirasi,mempengaruhi, mendidik, dan memebangkitkan semangat belajar siswa agar dapat meamnfataakn potensinya secara maksimal. Kompetensi kepribadian merupakan dasar dari kemampuan membelajarkan dan mendidik siswa.,” Treat  people well and there’s  a good  chance they’ll want tobe your friend . Selman, R.L  & Selman,  A.P Children ‘s Ideas about friendship : A new Theory
Daya tarik kepribadian ini dapat anda ciptakan secara sederhana dan mudah,dengan konsistensi dan reputasi perilaku yang teruji sesuai dengan karakter pribadi seorang pendidik. Ambil contoh  mulailah untuk mendahului member salam kepada orang lain lebih dahulu termasuk kepada siswa dengan suara yang lugas dan penuh semangat. Keberanian anda memperjuangkan kepentingan terbaik siswa untuk mengembangkan potensi keberbakatannya baikakademik maupun non akademik, keseriusan anda membantu memberikan solusi atas permaslahan yang dihadapi siswa dengan penuh perhatian dan kepedulian,  menjadi teladan displin untuk kalangan guru mamupun siswa ,selalu berupaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan kreatif dan membangkitkan minta belajar siswa..   
Bagaimana menciptakan daya tarik pribadi dalam kegiatan pembelajaran..?
Pertama, awali pertemuan kelas dengan menggunakan semangat dari dalam hati dan ekspresi wajah  yang menyenangkan, tunjukkan bahwa anda menyukai pertemuan kelas saat itu.
Kedua, miliki cadangan cerita yang menarik ,update dan menjadi  tren  yang memiliki relevansi dengan materi yang anda ajarkan sebagai kunci pembuka kegiatan pembelajaran.
Ketiga , ciptakan suasana pembelajaran yang dirasakan  dapat mendatangkan suasana baru dikelas sehingga siswa merasa betah untuk menyelesaikan tugas pembelajarannya secara suka rela.
Keempat, jangan terjebak dalam kegiatan pembelajaran yang  konvensional, monoton dan membosankan, miliki kreativitas yang asudah anda rancang untuk mencipatakan suasana belajar yang menarik minat belajar siswa.
Kelima, jika pembelajaran menggunakan diskusi kelompok atau tanya jawab milikilah keterampilan menggali sesuatu yang tersembunyi dalam benak siswa atau menggalai potensi rasa ingin tahu siswa  agar siswa terbuka kemampuan berpikir kritis dan  analistisnya.
Keenam, tunjukkan perasaan dan hasrat  bersungguh  sungguh  untuk berinteraksi dengan siswa dalam proses pembelajaran, seperti   tidak meninggalkan kelas dengan hanya member tugas siswa,sibuk dengan pembukuan urusan pribadi ,sibuk ber- SMS  serta tidak menciptakan suasana yang mengancam   ketenteraman .hati siswa seperti perkataan kasar atau perilaku yang tidak menyenangkan.
Ketujuh, cipatakan susaana belajar yang meibtkan siswa untuk berani bertanya ,berdebat,menyanggah ,berargument  bersama  sama menemukan solusi atas persoalan yang dimunculkan, problem base learning .
Kedelapan, lakukan tugas anda untuk membelajarkan siswa melalui bahasa verbal dan non verbal yang membangkitkan gairah belajar siswa dengan dukungan daya tarik kepribadian yang anda miliki.
Selamat mencoba.



Komentar

  1. memang merubah sifat diri sendiri sangat susah .kembali kita menenggok kebelakang dan menyadari atas semua yang telah kita lakukan itu benar atau salah.

    perkembangan zaman banyak pengruh negatifnya tp semua itu tdk benar tinggal kita meresponnya gimana?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT