DAYA TARIK KEPRIBADIAN GURU DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
Dalam kegiatan pembelajaran peranan kepribadian guru akan
memberikan dampak yang sangat besar
terhadap keberhasilan mencapai tujuan
pembelajaran itu sendiri . Tujuan pembelajaran dapat berupa daya serap siswa, minat perhatian terhadap mataeri yang
diajarkan, peningkatan kompetensi,daya saing dan prestasi yang diraih sampai
semangat dan motivasi belajar siswa.
“Personality is the dynamic organization within the individual of
those psychophysical system that
determine his unique adjustment to his
environment”. Gordon W Allport, “ The Individual and His Religion” .
Silahkan anda amati perkembangan
motivasi belajar siswa selama semester awal yang telah anda lewati,..?. Mungkin
rata rata prestasi belajar siswa –siswi dalam satu
kelas dibawah siswa- siswi kelas lain. Anda sebagai guru yang jarang mendapat
sambutan baik dari para siswa, bahkan mengeluh atas kehadiran anda. Tidak jarang anda sering melihat siswa siswi
anda mengadu dan mengeluh tentang perilaku anda kepada rekan guru yang lain. Kalau
situasi ini terjadi,kemungkinan anda
sedang mengalami suatu masalah yang
serius atas kepribadian yang anda miliki.
Moreover, if you goodness to
your child but he sees that you don’t practice it, the research evidence suggest
that he will be more influenced by what to
you do by what you say ‘. Harris, M.B. Reciprosity and generosity : Some
determinants of sharing in children
Jangan pernah berharap siswa
siswi akan patuh begitu saja,karena siswa siwi saat ini tidak memiliki keterikatan dan kewajiban
untuk patuh tanpa syarat atas perilaku anda yang tidak menyenangkan. Dan anda
tidak memiliki hak untuk memaksa mereka untuk tertarik dan berminat serta patuh
begitu saja kepada anda. Setiap orang akan tertarik kepada orang lain yang
memiliki daya tarik yang dapat membangkitkan minatnya untuk tertarik,dan itu
adalah kepribadian,tepat Kompetensi Kepribadian Pendidik .
Kunci seorang pendidik adalah
kompetensi kepribadian yang tercermin pad kemampuan untuk
menginspirasi,mempengaruhi, mendidik, dan memebangkitkan semangat belajar siswa
agar dapat meamnfataakn potensinya secara maksimal. Kompetensi kepribadian
merupakan dasar dari kemampuan membelajarkan dan mendidik siswa.,” Treat
people well and there’s a good chance they’ll want tobe your friend .
Selman, R.L & Selman, A.P Children ‘s Ideas about friendship : A new
Theory
Daya tarik kepribadian ini dapat
anda ciptakan secara sederhana dan mudah,dengan konsistensi dan reputasi
perilaku yang teruji sesuai dengan karakter pribadi seorang pendidik. Ambil
contoh mulailah untuk mendahului member salam
kepada orang lain lebih dahulu termasuk kepada siswa dengan suara yang lugas
dan penuh semangat. Keberanian anda memperjuangkan kepentingan terbaik siswa
untuk mengembangkan potensi keberbakatannya baikakademik maupun non akademik,
keseriusan anda membantu memberikan solusi atas permaslahan yang dihadapi siswa
dengan penuh perhatian dan kepedulian,
menjadi teladan displin untuk kalangan guru mamupun siswa ,selalu
berupaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan kreatif dan membangkitkan
minta belajar siswa..
Bagaimana menciptakan daya tarik
pribadi dalam kegiatan pembelajaran..?
Pertama, awali pertemuan kelas dengan menggunakan semangat dari
dalam hati dan ekspresi wajah yang
menyenangkan, tunjukkan bahwa anda menyukai pertemuan kelas saat itu.
Kedua, miliki cadangan cerita yang menarik ,update dan menjadi tren yang memiliki relevansi dengan materi yang
anda ajarkan sebagai kunci pembuka kegiatan pembelajaran.
Ketiga , ciptakan suasana pembelajaran yang dirasakan dapat mendatangkan suasana baru dikelas
sehingga siswa merasa betah untuk menyelesaikan tugas pembelajarannya secara
suka rela.
Keempat, jangan terjebak dalam kegiatan pembelajaran yang konvensional, monoton dan membosankan, miliki
kreativitas yang asudah anda rancang untuk mencipatakan suasana belajar yang
menarik minat belajar siswa.
Kelima, jika pembelajaran menggunakan diskusi kelompok atau tanya jawab
milikilah keterampilan menggali sesuatu yang tersembunyi dalam benak siswa atau
menggalai potensi rasa ingin tahu siswa
agar siswa terbuka kemampuan berpikir kritis dan analistisnya.
Keenam, tunjukkan perasaan dan hasrat bersungguh
sungguh untuk berinteraksi dengan
siswa dalam proses pembelajaran, seperti tidak
meninggalkan kelas dengan hanya member tugas siswa,sibuk dengan pembukuan
urusan pribadi ,sibuk ber- SMS serta
tidak menciptakan suasana yang mengancam ketenteraman
.hati siswa seperti perkataan kasar atau perilaku yang tidak menyenangkan.
Ketujuh, cipatakan susaana belajar yang meibtkan siswa untuk berani
bertanya ,berdebat,menyanggah ,berargument
bersama sama menemukan solusi atas
persoalan yang dimunculkan, problem base
learning .
Kedelapan, lakukan tugas anda untuk membelajarkan siswa melalui
bahasa verbal dan non verbal yang membangkitkan gairah belajar siswa dengan
dukungan daya tarik kepribadian yang anda miliki.
Selamat mencoba.
memang merubah sifat diri sendiri sangat susah .kembali kita menenggok kebelakang dan menyadari atas semua yang telah kita lakukan itu benar atau salah.
BalasHapusperkembangan zaman banyak pengruh negatifnya tp semua itu tdk benar tinggal kita meresponnya gimana?
makasih ya informasinya salam sukses peluang usaha untuk mahasiswa
BalasHapus