Perilaku Guru Kurikulum 2013 :Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Kelas I dan Usia Perkembangan Psikososial Siswa

 3.1.Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. Sumber: Salinan-Permendikbud-No.-67-th-2013-ttg-KD-dan-Struktur-Kurikulum-SD-MI

Kemampuan berbahasa erat kaitannya dengan proses berpikir,berbahasa dalam arti memiliki kemampuan verbal merupakan kemampuan anak merangkai urutan peristiwa menjadi informasi yang ingin dikatakan,dengan menggunakan kata yang tepat untuk merangkai kalimat yang bisa dimengerti oleh orang lain. 



Sedangkan pembelajaran bahasa biasanya meliputi aspek mendengarkan ,berbicara ,membaca dan menulis.Membaca merupakan kompetensi yang diperoleh setelah terbiasa mendengarkan dan berbicara kemudian dilanjutkan dengan kemampuan menulis.

Biasanya sebagai guru kelas I SD  sering dihadapkan pada persoalan mengalami kesulitan  dalam mengenali huruf  dan membacanya  (pembaca pemula  ) dan mendorong siswa  untuk berbicara apalagi bercerita . Walaupun kegiatan ini sudah didapatkan saat peserta didik berada dibangku prasekolah.

Sementara itu sebagian besarpara guru beranggapan bahwa mengajar adalah berceramah dan memberi tugas ,akibatnya banyak peserta didik yang menjadi cemas lantaran harus menyelesaikan tugas yang baru saja dikenalnya.Padahal  belajar membaca adalah proses yang tidak mudah dihadapi peserta didik ,dorongan untuk belajar  mengalir secara alami dari besarnya rasa ingin tahu siswa,kegiatan pembelajaran semestinya  dapat menumbuh kembangkan kesiapan siswa untuk memahami bahasa dan minat terhadap kalimat yang disampaikan.

Oleh karena itu seorang guru kelas 1 patut mempertimbangkan  perkembangan psikososial anak diusia 7 tahun  dimana pada usia ini ada dalam fase antara merasa dirinya mampu (kompeten vs rendah diri ),peran emosi /afeksi  menjadi lebih penting  daripada sekedar kognisi,untuk kompetensi  hafal dan bisa.

Hal hal berikut ini yang patut dipertimbangkan para guru kelas 1 SD dalam menungkatkan atau mencapai kompetensi dasar sesuai kurikulum 2013;

·        Tumbuhkan rasa percaya diri anak  melalui suasana belajar yang “bebas cemas’,setiap anak pada dasarnya cerdas dan memiliki kesempatan yang sama untuk  bercerita atau mengenal teks seperti yang dimaksud pada kurikulum .Dengan menciptakan suasana belajar “bebas cemas”  setiap anak selaku peserta didik  meendapatkan pengalaman belajar untuk mendengar,merasa ,melihat dan mengalami sendiri pembelajaran yang menyenangkan sebagai dasar dari kemampuan nya untuk mengingat dan mamahami.

·         Daya ingat anak harus terus diperkuat melalui peningkatan kemampuan perhatian,keterlibatan dan kosentrasi  melalui ambil contoh kegiatan merangkai cerita,seperti biarkan siswa  menceritakan rasa bangga nya terhadap profesi orang tuanya didepan kelas dengan demikian anak dapat mengembangkan ketrampilan bicaranya.  

·        Melatih anak anak untuk mengenal lingkungan sekolah,sebagaimana dulu saat dibangku pra sekolah anak diajak jalan keluar kelas ber jalan keliling untuk mengenal lingkungan masyarakat setempat.Dapat menimbulkan kenangan yang menyengkan ,sehingga dapt tersimpan secara optimal di memori mereka.

·        Utamakan mengembangkan sisi afeksi anak dengan melibatkan emosi senang dan “bebas cemas’ agar anak lebih mudah berani mengungkan ,bercerita ,menulis pengalaman yang didapatnya selama belajar .

·        Manfaatkan media TIK untuk mengajak anak “berkeliling dunia” dimana mereka bisa mengenali berbagai tempat  dan menambah wawasan serta pengetahuan tentang kompetensi dasar yang dimaksud.

Pada akhirnya peningkatan kompetensi berbahasa anak bukan persoalan hafalan melainkan perasaan senang saat mengalami proses pembelajarannya.Sebagaimana Michael Le Boeuf  dalam bukunya creative thingking mengatakan Otak anak akan semakin cerdas dan kreatif  jika dirangsang dan dilatih  untuk menggunakan bahasa ,penglihatan ,mendengar music ,berkomunikasi dengan orang lain ,berkhayal  dan merencanakan sesuatu. Bagaimana dengan anda ..?   




Komentar


  1. Dari FB Grup Paguyuban Guru dan Dosen
    Elvi Noor Kurikulum 2013 sesungguhnya siapa yang merumuskannya ? profesor dan doktor dari Indonesia kah ? isi Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar seperti untuk negara antah berantah ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT