Perilaku Guru Kurikulum 2013 :Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Kelas I dan Usia Perkembangan Psikososial Siswa
3.1.Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. Sumber:
Salinan-Permendikbud-No.-67-th-2013-ttg-KD-dan-Struktur-Kurikulum-SD-MI
Kemampuan
berbahasa erat kaitannya dengan proses berpikir,berbahasa dalam arti memiliki
kemampuan verbal merupakan kemampuan anak merangkai urutan peristiwa menjadi
informasi yang ingin dikatakan,dengan menggunakan kata yang tepat untuk merangkai
kalimat yang bisa dimengerti oleh orang lain.
Sedangkan pembelajaran bahasa biasanya meliputi aspek mendengarkan
,berbicara ,membaca dan menulis.Membaca merupakan kompetensi yang diperoleh setelah
terbiasa mendengarkan dan berbicara kemudian dilanjutkan dengan kemampuan
menulis.
Biasanya
sebagai guru kelas I SD sering
dihadapkan pada persoalan mengalami kesulitan
dalam mengenali huruf dan
membacanya (pembaca pemula ) dan mendorong siswa untuk berbicara apalagi bercerita . Walaupun
kegiatan ini sudah didapatkan saat peserta didik berada dibangku prasekolah.
Sementara
itu sebagian besarpara guru beranggapan bahwa mengajar adalah berceramah dan
memberi tugas ,akibatnya banyak peserta didik yang menjadi cemas lantaran harus
menyelesaikan tugas yang baru saja dikenalnya.Padahal belajar membaca adalah proses yang tidak
mudah dihadapi peserta didik ,dorongan untuk belajar mengalir secara alami dari besarnya rasa
ingin tahu siswa,kegiatan pembelajaran semestinya dapat menumbuh kembangkan kesiapan siswa
untuk memahami bahasa dan minat terhadap kalimat yang disampaikan.
Oleh
karena itu seorang guru kelas 1 patut mempertimbangkan perkembangan psikososial anak diusia 7
tahun dimana pada usia ini ada dalam
fase antara merasa dirinya mampu (kompeten vs rendah diri ),peran emosi
/afeksi menjadi lebih penting daripada sekedar kognisi,untuk kompetensi hafal dan bisa.
Hal hal
berikut ini yang patut dipertimbangkan para guru kelas 1 SD dalam menungkatkan
atau mencapai kompetensi dasar sesuai kurikulum 2013;
·
Tumbuhkan
rasa percaya diri anak melalui suasana
belajar yang “bebas cemas’,setiap anak pada dasarnya cerdas dan memiliki
kesempatan yang sama untuk bercerita
atau mengenal teks seperti yang dimaksud pada kurikulum .Dengan menciptakan
suasana belajar “bebas cemas” setiap anak
selaku peserta didik meendapatkan
pengalaman belajar untuk mendengar,merasa ,melihat dan mengalami sendiri
pembelajaran yang menyenangkan sebagai dasar dari kemampuan nya untuk mengingat
dan mamahami.
·
Daya ingat anak harus terus diperkuat melalui
peningkatan kemampuan perhatian,keterlibatan dan kosentrasi melalui ambil contoh kegiatan merangkai
cerita,seperti biarkan siswa menceritakan
rasa bangga nya terhadap profesi orang tuanya didepan kelas dengan demikian
anak dapat mengembangkan ketrampilan bicaranya.
·
Melatih
anak anak untuk mengenal lingkungan sekolah,sebagaimana dulu saat dibangku pra
sekolah anak diajak jalan keluar kelas ber jalan keliling untuk mengenal
lingkungan masyarakat setempat.Dapat menimbulkan kenangan yang menyengkan
,sehingga dapt tersimpan secara optimal di memori mereka.
·
Utamakan
mengembangkan sisi afeksi anak dengan melibatkan emosi senang dan “bebas cemas’
agar anak lebih mudah berani mengungkan ,bercerita ,menulis pengalaman yang
didapatnya selama belajar .
·
Manfaatkan
media TIK untuk mengajak anak “berkeliling dunia” dimana mereka bisa mengenali
berbagai tempat dan menambah wawasan
serta pengetahuan tentang kompetensi dasar yang dimaksud.
Pada akhirnya peningkatan kompetensi
berbahasa anak bukan persoalan hafalan melainkan perasaan senang saat mengalami
proses pembelajarannya.Sebagaimana Michael Le Boeuf dalam bukunya creative thingking mengatakan
Otak anak akan semakin cerdas dan kreatif
jika dirangsang dan dilatih untuk
menggunakan bahasa ,penglihatan ,mendengar music ,berkomunikasi dengan orang
lain ,berkhayal dan merencanakan
sesuatu. Bagaimana dengan anda ..?
BalasHapusDari FB Grup Paguyuban Guru dan Dosen
Elvi Noor Kurikulum 2013 sesungguhnya siapa yang merumuskannya ? profesor dan doktor dari Indonesia kah ? isi Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar seperti untuk negara antah berantah ...