Kurikulum 2013 dan Elemen Perubahan Sikap Mental Pada Tenaga Pendidik
Persiapan apa Kank yang paling utama
dalam menghadapi perubahan Kurikulum 2013 ..?
Dalam perubahan kurikulum apapun bentuknya yang tidak boleh dilupakan
adalah perubahan sikap mental guru
dimana perubahan ini merupakan fondasi dasar dari keberhasilan target capaian dari kurikulum yang yang
dicanangkan .Adapun sikap mental yang perlu ditingkatkan adalah sebagai
berikut:
Pertama: Tingkatkan rasa cinta kasih kepada peserta didik ,dan
perhatikan tuntutan capaian standar kompetensi dari kurikulum .
Kebutuhan
dasar psikologis siswa adalah diakui keberadaannya,dihargai pendapatnya dan
merasakan mendapat cinta kasih yang tulus
,jika siswa terpenuhi kebutuhan
dasar psikologisnya akan lebih mudah untuk diarahkan dan diajak komunikasi
sekaligus mudah bagi guru bersangkutan malakukan upaya meningkatakan kompetensi
diri siswa sekaligus melaksanakan proses
evaluasi .
Mengingat
tututan kurikulum 2013 adalah pola pembelajaran berbasis massal menjadi
kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi
khusus yang dimiliki setiap peserta didik.
Kedua
:Pekalah terhadap perubahan dan bersiaplah untuk membimbing siswa .
Perubahan
yang terjadi pada kurikulum 2013 adalah
pola
pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik
dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi
serta diperoleh melalui internet
Sebagai
guru perlu memiliki kepekaan terhadap perubahan pola kognitif siswa
dalam mempelajari sesuatu diera
serba canggih ini dari sekedar menghafal menjadi mencari ,menganalisa ,uji coba
dan mengambil kesimpulan.Kepekaan terhadap peranan emosi siswa dalam belajar ,situasi menyenangkan , tidak
tertekan,gembira dan memiliki pengalaman belajar langsung menjadi sandaran
utama keberhasilan pembelajaran Dan kepekaan guru dalam psikomotor atau perilaku
siswa terutama dalam search analysis
skill dalam pemanfatan media dan sumber belajar akan mengarahkan siswa
untuk dapat belajar secara mandiri.
Ketiga
;Setiap siswa adalah Unik ,Utamakanlah untuk dapat membantu setiap siswa mendapatkan Pembelajarannya dalam setiap pertemuan kelas.
Pola
pembelajaran dalam kurikulum 2013 adalah pola pembelajaran yang berpusat pada
guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus
memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki
kompetensi yang sama .
Dengan
semakin terbukanya akses teknologi informasi komunikasi (TIK) dan keterampilan siswa dalam menggunakannya
,maka tugas seorang guru adalah membangun relasi yang kondusif dengan siswa
agar siswa dapat menumbuh kembangkan berbagai potensi yang dimiliki nya.Perlunya
seorang guru mengenali psikososial siswa sehingga bisa menciptakan proses pembelajaran
yang eksporatif ,menarik perhatian ,dan pemebalajarn menjadi lebih bermakna.Sekaligus
meminimalisasi penyalah gunaan dan dampak negative dari TIK
Keempat
:Berperanlah sebagai pendidik tingkatkan profesioanlitas .
Dalam
Rancangan Kurikulum 2013 menyangkut kompetensis siswa sebagai berikut ;Kompetensi inti dirancang
seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui
kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang
berbeda dapat dijaga.
Rumusan
kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk
kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk
kompetensi inti sikap sosial;
3.
Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti
keterampilan .
Dengan demikian tugas guru harus semakin meningkatkan
konektivitasnya dengan berbagai pihak untuk membentuk suatau tren pembelajaran
secara kolaboratif,memunculkan gagasan kreatif dalam diri siswa ,menjadi mentor
,memotivasi mendorong siswa untuk memperbaiki daya ingat,meningkatka pemahaman
tumbuhnya budaya belajar ,dan dapat keberkmnaan hidup siswa dalam menjalankan proses
pembelajarannya,bersambung …..
Komentar
Posting Komentar