Kurikulum 2013 dan Elemen Perubahan Sikap Mental Pada Tenaga Pendidik

Persiapan apa Kank yang paling utama dalam menghadapi perubahan Kurikulum 2013 ..?

Dalam perubahan kurikulum  apapun bentuknya yang tidak boleh dilupakan adalah  perubahan sikap mental guru dimana perubahan ini merupakan fondasi dasar dari keberhasilan  target capaian dari kurikulum yang yang dicanangkan .Adapun sikap mental yang perlu ditingkatkan adalah sebagai berikut:


Pertama:  Tingkatkan  rasa cinta kasih kepada peserta didik ,dan perhatikan tuntutan capaian standar kompetensi dari kurikulum  .

Kebutuhan dasar psikologis siswa adalah diakui keberadaannya,dihargai pendapatnya dan merasakan mendapat cinta kasih yang tulus  ,jika siswa terpenuhi kebutuhan  dasar psikologisnya akan lebih mudah untuk diarahkan dan diajak komunikasi sekaligus mudah bagi guru bersangkutan malakukan upaya meningkatakan kompetensi diri siswa sekaligus melaksanakan  proses evaluasi .

Mengingat  tututan kurikulum 2013 adalah  pola pembelajaran berbasis massal menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik.

Kedua :Pekalah terhadap perubahan dan bersiaplah untuk membimbing siswa .

Perubahan yang terjadi pada kurikulum 2013 adalah
pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet

Sebagai guru perlu memiliki kepekaan terhadap perubahan pola  kognitif siswa  dalam mempelajari sesuatu  diera serba canggih ini dari sekedar menghafal menjadi mencari ,menganalisa ,uji coba dan mengambil kesimpulan.Kepekaan terhadap peranan emosi  siswa dalam belajar ,situasi menyenangkan , tidak tertekan,gembira dan memiliki pengalaman belajar langsung menjadi sandaran utama keberhasilan pembelajaran Dan kepekaan guru dalam psikomotor atau perilaku siswa terutama dalam search analysis skill dalam pemanfatan media dan sumber belajar akan mengarahkan siswa untuk dapat belajar secara mandiri.

Ketiga ;Setiap siswa adalah Unik ,Utamakanlah untuk dapat membantu setiap  siswa mendapatkan Pembelajarannya  dalam setiap pertemuan kelas.

Pola pembelajaran dalam kurikulum 2013 adalah  pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama .
Dengan semakin terbukanya akses teknologi   informasi komunikasi (TIK)  dan keterampilan siswa dalam menggunakannya ,maka tugas seorang guru adalah  membangun relasi yang kondusif dengan siswa agar siswa dapat menumbuh kembangkan berbagai potensi yang dimiliki nya.Perlunya seorang guru mengenali psikososial siswa  sehingga bisa menciptakan proses pembelajaran yang eksporatif ,menarik perhatian ,dan pemebalajarn menjadi lebih bermakna.Sekaligus meminimalisasi penyalah gunaan dan dampak negative dari TIK

Keempat :Berperanlah sebagai pendidik tingkatkan profesioanlitas .

Dalam Rancangan Kurikulum 2013 menyangkut kompetensis siswa  sebagai berikut ;Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:

1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan 
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan .

Dengan demikian tugas guru harus semakin meningkatkan konektivitasnya dengan berbagai pihak  untuk membentuk suatau tren pembelajaran secara kolaboratif,memunculkan gagasan kreatif dalam diri siswa ,menjadi mentor ,memotivasi mendorong siswa untuk memperbaiki daya ingat,meningkatka pemahaman tumbuhnya budaya belajar ,dan dapat keberkmnaan hidup siswa dalam menjalankan proses pembelajarannya,bersambung …..










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT