Kajian Psikologi Pembelajaran :Pengenalan Perilaku Siswa Kunci Keberhasilan Kurikulum 2013.
Kondisi siswa
saat ini sangat berbeda dari generasi beberapa tahun lalu terlebih dengan
akrabnya mereka terhadap dunia TIK ,sehingga perilaku dan motivasi belajar
mereka sangat sulit di “manage” ,lantas bagaimana kami dapat memenuhi tuntutan
kurikulum 2013 ,kank hari…?
Kurikulum 2013 menganut: (1) pembelajaran yang
dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan
berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan (2)
pengalaman belajar langsung peserta didik (learned-curriculum) sesuai
dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik.
Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi
dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.Landasan
Teori Kurikulum 2013.Kemendikbud.
Saat ini kita melihat siswa siswi yang tengah akrab
dengan perkembangan teknologi menjadi anak anak yang cenderung open
mind,menyukai kebebasan ,lebih peka,berpiki kritis,sulit diatur ,banyak
pertanyaan/tuntutan ,gampang bosan dengan rutinitas atau pembelajaran yang
tidak disukai dan enggan menghafal .Karena itu peran guru tidak mentransfrom mata pelajaran dengan
hafalan atau catatan saja sebagai tugas mngajarnya melainkan mendekati siswa
sebagai sosok individual manusia seutuhnya yang memiliki perasaan ,pikiran dan
motivasi.Mengingat jika siswa tidak di”manusia’kan mereka mencari solusi atas persoalannya dengan caranya sendiri yang
tidak jarang bisa berakibat fatal .Terlebih dunia maya adalah dunia heterogen
yang tidak bisa memproteksi anak dari dampak buruk akibat informasi yang
merusak pada anak
Karena itu peran guru dalam mendidik anak
sebagaimana tututan kurikulum dimana siswa dapat belajar dari sumber mana saja
dan dengan siapa saja,sekaligus memiliki pengalaman belajarnya sendiri ,maka
pendekatan individual kepada siswa menjadi kuncinya dan dilakukan secara
berkesinambungan .Guna menjadi “sahabat” siswa inilah bebrapa cara yang bisa
dilakukan :
Pertama ,Kepemilikan dan penggunaan gadget
menjadi pilihan siswa saat ini dan beberapa tahun mendatang,supaya anda bisa
diterima oleh gank mereka anak tidak bisa melarang atau memperoloknya
,melainkan justru membantu siswa tahu kemanfaatan dari segala peralatan gadget
yang dimilikinya sekaligus menjadikan gadget yang dimiliki siswa sebagai media dan sumber belajar nya.
Kedua ,saat ini dan
beberapa tahun mendatang semestinya anda sudah mempersiapkan diri untuk
memiliki kompetensi TIK untuk kegiatan
pembelajaran yang menjadi tanggung jawab anda agar lebih menari perhatian
,lebih mudah,lebih cepat difahami siswa dan menyenangkan.
Ketiga,anda semestinya memanfatkan komunitas
siswa baik dari dunia nyata atau dunia maya agar dapat memberikan motivasi
,komunikasi,terkonesi dan ‘memantau ‘aktivitas mereka .
Keempat , materi pelajaran yang anda kembangkan
harus memiliki muatan pengalaman belajar real yang dialami siswa sekaligus memiliki relevansi dengan latar
belakang ,karakteristik dan meningkatkan kompetensi awal yang dimiliki siswa.Karena dengan perilaku”kritis dan
Mandiri’ siswa sulit dipaksa belajar
menurut kemampuan yang guru suka,jika ini terjadi siswa bisa mengalami
demotivasi dalam belajarnya.
Kecenderungan guru diindonesia yang tidak memberikan pelajaran
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sementara di Amerika Serikat, guru
menjabarkan materi pendidikan dengan kehidupan sehari-hari sampai 3 kali lipat
dan Jepang 5 kali lipat
Kelima , Tumbuh dan kembangkan minat untuk
membelajarkan siswa tidak sebatas hanya pada jam kerja sebagai guru,dimasa
mendatang siswa ingin belajar dari anda
darimana dan kapan dia inginkan.Milikilah,saluran connected yang dapat
dihubungi siswa sewaktu waktu baik melalui web blog ,email ,jejaring social atau
saluran komunikasi lainnya.
Keenam , Ciptakan pembelajaran yang
menantang rasa ingin tahu siswa untuk
belajar secara lebih mendalam dan
meningkat dari waktu kewaktu dikarenakan siswa menyukai tantangan.
Menurut
sebuah penelitian ; guru-guru memberikan tingkat
kesulitan soal terbilang rendah atau lower package order. Mereka tidak
mendorong partisipasi muridnya untuk lebih maju lagi. Akibatnya cara pemikiran
para pelajar tertinggal.
“Hanya 10% guru yang memberikan
soal bagi murid dengan jawaban lebih dari satu. Murid didengar bagaimana dia
memandang soal tersebut. Di negara lain, sampai 76% dari soal-soal memungkinkan
murid jawab persoalan lebih dari satu jawaban’. mediaindonesia.com.
Ketujuh,Citra diri anda sebagai
guru dimata siswa sudah harusnya
memiliki citra diri yang positif dan
memiliki karakter yang kuat ,Karena itu bangunlah sikap,ucapan dan perilaku yang
dapat mendatangkan respect dari siswa
sehingga tercermin dari perasaan rindu
dari siswa untu belajarlebih banyak dan lebih lama dari anda sebagai gurunya.
Kedelapan ,ketulusan harus menjadi
dasar landasan pelayanan pendidikan kepada siswa ,karena itu lakukanlah
sedemikian rupa sehingga siswa merasa
disayangi dan terpenuhi kebutuhan psikologisnya sehingga anda mendapatkan Trust
dari peserta didik .
Kesembilan,dalam kurikulum 2013 , anda harus bisa membangun relasi dan
komunikasi dengan sesama rekan guru yang
kolaboratif ,sinergi dan integrative
.Mengingat Kurikulum 2013 dilakukan penguatan tata
kelola sebagai berikut:
1)
tata kerja guru yang bersifat individual diubah menjadi tata kerja yang
bersifat kolaboratif;
2)
penguatan manajeman sekolah melalui penguatan kemampuan manajemen kepala
sekolah sebagai pimpinan kependidikan (educational leader); dan
3) penguatan sarana dan prasarana
untuk kepentingan manajemen dan proses pembelajaran
Terakhir ,bersiaplah untuk mengimplementasikan
kurikulum 2013 dengan tidak hanya sekedar mengajar dan menghasilkan siswa mencapai
standar KKM / mencapai unas tertinggi saja melainkan juga harus mengenali siswa lebih dekat untuk
mengembangkan beragam potensi yang dimiliki nya.Apun nama kurikulumnya membela
kepentingan terbaik siswa adalah hal yang utama..
Komentar
Posting Komentar