BMPSM sebagai Supervisory Development Champion
Mengingat tugas utama Pengawas Sekolah adalah menilai dan membina sekolah sebagaimana tercantum dalam Keputusan MENDIKBUD RI NO 20/U/1998:Pengawas sekolah adalah yang diberi tugas ,tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat berwenang untuk melakukan penilaian dan pembinaan dari sisi tehnis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan pra sekolah ,sekolah dasar dan sekolah menengah. Maka BMPSM semestinya menjadi organisasi yang competitive dalam mengembangkan mutu persekolahan di Jawa Timur.
Harapan di masa depan kemampuan para Pengawas Sekolah bukan hanya di seputar penilaian dan pembinaan fungsi SDM hanya sebatas pada fungsi administrative.Maka peranan BMPSM Jatim dapat meningkatkan kualitas Pengawas Sekolah menjadi berfungsi sebagai Strategic Partner , Administrative Expert ,Employee Champion dan Change Agent .
Strategic Partner
Aktivitas yang dilakukan sebagai partner strategis sekolah adalah menjadi mitra sekolah dalam mengembangkan SDM (Kepala Sekolah /Guru ),berpartisipasi guna menentukan strategi proses pembelajaran yang tepat disekolah bersangkutan yang menjadi wilayah kerja anggota BMPSM .Pengawas Sekolah yang baik dapat mendampingi kepala sekolah dan guru dalam mewujudkan ide dan karya karya inovatif.sehingga siswa dan sekolah dapat memiliki keunggulan bersaing meski dengan “keterbatasannya “.
Contohnya dalam Supervisi Pendidikan :seorang Pengawas Sekolah harus dapat melakukan pembinaan dan membantu guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di daerah perairan. Dengan kegiatan ekonomi produktif yaitu budi daya ikan air tawar dan pemanfaatan enceng gondok sebagai kerajinan tangan. .
Administrative Expert
Menciptakan infrastruktur organisasi sekolah yang professional merupakan tugas utama Pengawas Sekolah.Hal ini menuntut profesionalitas dari Pengawas Sekolah maka BMPSM semestinya dapat meningkatkan kualitas anggotanya memiliki kecakapan dalam hal ,talent manjemen, pelatihan,penilian penghargaan dan promosi.guna kepentinagan peningkatan Kualitas guru dan Kepala sekolah.
Sebagai penangung jawab keberhasilan pendidikan diwilyah kernya Pengawas Sekolah semestinya dapat mengawal terlaksananya program kerja dapat dirancang dan dilaksanakan secara efesien. Guna mencapai efesiensi itu diperlukan dua cara .Cara pertama memastikan effesiensi SDM melalui etos kerja guru dan KS.Cara kedua adalah menyeleksi guru dan KS dengan memberikan pendalaman dan pengayaan serta motivasi guna meningkatkan produktifitas kerja.
Employee Champion
Dalam organisasi dimana intellectual capital menjadi penting bagi pengelolaan sekolah,Pengawas Sekolah harus menjadi aktif dan agresif dalam meningkatkan keterhadalan intektual ini. Sehingga dapat menjadi pendukung sekolah dalam melayani pendidikan siswanya sekaligus meningkatkan daya saing sekolah bersangkutan.Pengawas sekolah harus mampu mendorong Kepala Sekolah berkotribusi untuk meningkatkan semangat kerja berkesinambungan dan berdidikasi tinggi dikalangan warga sekolah (guru ).
Change Agent
Peranan BMPSM semestinya dapat membuat profesionilitas pengawas sekolah memiliki nilai tambah kepada para Kepala sekolah dan Guru diwilyah kerja masing masing untuk semangat transformasi dan perubahan.Saat perubahan tantangan penyelenggaraan persekolahan mengalami transformasi peranan pengawas Sekolah dapat menjadi mitra strtegis sekolah beradaptasi dalam memasuki perubahan itu.Sebagai sgen perubahan peranan Pengawas Sekolah dapat mendorong sekolah untuk menjalain kerjasama denagan banyak pihak guna peningkatan mutu sekolah.
Demikian Sumbangan pemkiran saya sebagai rekomondasi/anjuran agar BMPSM dapat berjalan sukses sesuai harapan semua pihak .Amin. Terima Kasih
Surabaya ,14 –Okt-2010
Hari Santoso
Kank Hari Insight Management
Komentar
Posting Komentar