Digital Learning Frame Work: 4 Hari Sekolah Siswa Lebih Happy



TARGET HASIL  e Learning, Siswa Belajar Online Lewat Smart Phone  (1) ,
“ 4 Hari Sekolah- Jum’at Ceria: Belajar Tak Harus di Sekolah, Siswa Happy Belajar On line dimanapun”


Gagasan  bapak Dr Saiful Rachman, M.M,M.Pd Kepala Dispendik Jatim untuk menciptakan suasana ceria di hari Jum'at melalui belajar mandiri on line lewat perangkat gadget  siswa diluar sekolah, membuat saya mencoba 'menterjemahkan gagasan beliau menjadi framework  sebagai berikut :

Abstrac:
Teacher as enabler of learning through individualized active learning programmes using motivational power of ICT and other tools, new knowledge of how people learn management  of all avaible resource”. Life Long Learning in action , Norman Longworth

Landasan Hukum :
U U  Sisdiknas  Nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan jarak jauh.
Program Direktorat  Pendidikan Menengah Atas tentang Pendidikan  Menengah Universal  2013.
Permendiknas  No 40 tahun 2008  tentang Standar Sarpras untuk SMK/SMA


Visi:
Sekolah memberikan pendidikan alternatif  yang bermutu, luas jangkauan serasi dengan kondisi dan kebutuhan sat ini serta menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.

Misi:
a.      Memberikan kesempatan belajar  seluas  kepada siswa melalui pembelajaran mandiri berbasis TIK Pendidikan.
b.      Menggalang partisipasi masyarakat termasuk orang tua siswa dalam peyelenggaraan pendidikan.
c.       Pemanfaatan perangkat digital/ICT  yang dimiliki siswa untuk kegiatan pembelajaran berbasis TIK Pendidikan.

Tujuan:
a.      Meningkatnya  mutu layanan pendidikan  jenjang SMA berbasis   TIK Pendidikan.
b.      Meningkatnya partisipasi masyarakat untuk dalam penyelenggaraan pendidikan.
c.       Meningkatnya kemampuan  siswa mengembangkan potensi diri secara akademik dan non akademik sejalan dengan perkembangan ICT.
d.      Meningkatnya skill individu siswa sebagai anggota masyarakat dalam hubungan interaksi dengan lingkungan sosial, budaya  dan alam sekitarnya.




PELAKSANAAN  PROSES  PEMBELAJARAN  JAUH (TUTORIAL ONLINE)
KEGIATAN
 PEMBELAJARAN  JAUH (TUTORIAL ONLINE)
Target Audience
Siswa SMA-SMK
Segmentasi (Geografi)
Siswa yang memiliki perangkat Digital  di sekolah yang ditentutan
Positioning
Jum’at lebih ceria , belajar bisa dimana saja
Konsep kegiatan
Bagian dari integrasi kegiatan Dispendik Jatim  sebagai sentra pelayanan , mengenalkan pemanfaatan digital/ICT yang dimiliki siswa sebagai media dan sumber pembelajaran .
Waktu penyelanggaraan
Jam aktif sekolah
Tempat
Sekolah yang ditunjuk
Objektif
Pembelajaran tutorial tatap muka online
Sarana yang dibutuhkan
Sarana Pembelajaran : ketersediaan sarpras unuk kelas maya /virtual (tatap muka online) antara guru dan siswa, komunikasi interaktif teks, audio & video, posko siswa, bimbingan / konsultasi kesulitan pembelajaran online dan ruang multi media sekolah berbasis online   untuk “studio”kelas maya   sebagai sumber belajar siswa di rumah .
Sarana Evaluasi: Sarpras untuk evaluasi hasil pembelajaran, evaluasi partispasi langsung /tidak langsung pemanfaatan ‘kelas maya di hari juma’t. Pengumuman Tutorial online.
Sarana Administrasi:  Data peserta didik /tutor online, ketersediaan konten modul berbasis web , link dengan dinas terkait ,katalog modul , lembar progress peserta didik, file materi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran Web, file hasil karya siswa dan guru berbasis Web.


Hasil yang diharapkan
1.      Membangun budaya belajar mengoptimalkan pemanfaatan  TIK pendidikan yang dimiliki siswa ,sekolah , Dispendik kota /provinsi dan sumber belajar lainnya  dalam proses pembelajaran.
2.      Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program pendidikan sekaligus mewujudkan masyarakat cerdas  dan bijak  berTIK .
3.      Menyediakan akses pelayanan pendidikan jarak jauh berbasis  TIK Pendidikan .


MODEL PEMBELAJARAN
Text Box: GURU MEMBERIKAN TUTORIAL ONLINETUTORIAL TATAP MUKA ONLINE

Text Box: SISWA BELAJAR MANDIRI Text Box: EVALUASI HASIL  TUTORIAL
Text Box: SESUAI JAM BELAJAR SEKOLAH
Siswa dapat mengakses dimana saja menggunakan perangkat gadget yang dimiliki
Text Box: PENUGASAN  DILUAR JAM SEKOLAH 
Siswa dapat mengakses materi dalam bentuk file word/audio/video pada hari Jum’at, sebagai bentuk kehadiran atau absen.
Text Box: c. ACHIEVEMENT RATE 
Dapat meningkatkan daya serap,kompetensi dan daya saing siswa

Kank Hari Santoso , Framework Model E Learning
 
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT