Digital Learning Frame Work: 4 Hari Sekolah Siswa Lebih Happy
TARGET HASIL e Learning, Siswa Belajar Online Lewat Smart Phone (1) ,
“ 4 Hari Sekolah- Jum’at Ceria:
Belajar Tak Harus di Sekolah, Siswa Happy Belajar On line dimanapun”
Gagasan bapak Dr Saiful Rachman, M.M,M.Pd Kepala Dispendik Jatim untuk menciptakan suasana ceria di hari Jum'at melalui belajar mandiri on line lewat perangkat gadget siswa diluar sekolah, membuat saya mencoba 'menterjemahkan gagasan beliau menjadi framework sebagai berikut :
Abstrac:
Abstrac:
“ Teacher as enabler of learning through individualized active learning
programmes using motivational power of ICT and other tools, new knowledge of
how people learn management of all
avaible resource”.
Life Long Learning in action , Norman Longworth
Landasan Hukum :
U U Sisdiknas
Nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan jarak jauh.
Program
Direktorat Pendidikan Menengah Atas
tentang Pendidikan Menengah
Universal 2013.
Permendiknas No 40 tahun 2008 tentang Standar Sarpras untuk SMK/SMA
Visi:
Sekolah
memberikan pendidikan alternatif yang
bermutu, luas jangkauan serasi dengan kondisi dan kebutuhan sat ini serta
menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.
Misi:
a.
Memberikan
kesempatan belajar seluas kepada siswa melalui pembelajaran mandiri
berbasis TIK Pendidikan.
b. Menggalang partisipasi masyarakat termasuk orang tua
siswa dalam peyelenggaraan pendidikan.
c.
Pemanfaatan
perangkat digital/ICT yang dimiliki
siswa untuk kegiatan pembelajaran berbasis TIK Pendidikan.
Tujuan:
a.
Meningkatnya mutu layanan pendidikan jenjang SMA berbasis TIK Pendidikan.
b.
Meningkatnya
partisipasi masyarakat untuk dalam penyelenggaraan pendidikan.
c.
Meningkatnya
kemampuan siswa mengembangkan potensi
diri secara akademik dan non akademik sejalan dengan perkembangan ICT.
d.
Meningkatnya
skill individu siswa sebagai anggota masyarakat dalam hubungan interaksi dengan
lingkungan sosial, budaya dan alam
sekitarnya.
PELAKSANAAN PROSES
PEMBELAJARAN JAUH (TUTORIAL
ONLINE)
KEGIATAN
|
PEMBELAJARAN JAUH (TUTORIAL ONLINE)
|
Target Audience
|
Siswa SMA-SMK
|
Segmentasi (Geografi)
|
Siswa yang memiliki perangkat
Digital di sekolah yang ditentutan
|
Positioning
|
Jum’at lebih ceria , belajar bisa
dimana saja
|
Konsep kegiatan
|
Bagian dari integrasi kegiatan
Dispendik Jatim sebagai sentra
pelayanan , mengenalkan pemanfaatan digital/ICT yang dimiliki siswa sebagai
media dan sumber pembelajaran .
|
Waktu penyelanggaraan
|
Jam aktif sekolah
|
Tempat
|
Sekolah yang ditunjuk
|
Objektif
|
Pembelajaran tutorial tatap muka
online
|
Sarana yang dibutuhkan
|
Sarana
Pembelajaran : ketersediaan sarpras
unuk kelas maya /virtual (tatap muka online) antara guru dan siswa,
komunikasi interaktif teks, audio & video, posko siswa, bimbingan /
konsultasi kesulitan pembelajaran online dan ruang multi media sekolah
berbasis online untuk “studio”kelas
maya sebagai sumber belajar siswa di
rumah .
Sarana
Evaluasi: Sarpras untuk evaluasi
hasil pembelajaran, evaluasi partispasi langsung /tidak langsung pemanfaatan
‘kelas maya di hari juma’t. Pengumuman Tutorial online.
Sarana
Administrasi: Data peserta didik /tutor online,
ketersediaan konten modul berbasis web , link dengan dinas terkait ,katalog
modul , lembar progress peserta didik, file materi dan dokumentasi kegiatan
pembelajaran Web, file hasil karya siswa dan guru berbasis Web.
|
Hasil yang diharapkan
|
1.
Membangun budaya
belajar mengoptimalkan pemanfaatan TIK
pendidikan yang dimiliki siswa ,sekolah , Dispendik kota /provinsi dan sumber
belajar lainnya dalam proses
pembelajaran.
2.
Meningkatkan
partisipasi masyarakat dalam program pendidikan sekaligus mewujudkan
masyarakat cerdas dan bijak berTIK .
3.
Menyediakan
akses pelayanan pendidikan jarak jauh berbasis TIK Pendidikan .
|
MODEL PEMBELAJARAN
TUTORIAL TATAP MUKA ONLINE
|
Komentar
Posting Komentar