3 Cara Membangkitan Prestasi Belajar Anak Kurang Pendirian



Kecenderungan anak kurang berpendirian sering mudah terombang ambing dalam pengambilan keputusan, berusaha menyenangkan banyak orang, takut disebut egois, lebih banyak mementingkan orang lain dan tidak jarang seperti kehilangan jati diri. Lantas bagaimana dalam meningkatkan prestasi belajarnya..?


Pertama, Kemampuan Beradaptasi

Anak “kurang Pendirian” memiliki kemampuan beradaptasi yakni  terwujud pada hasrat mereka yang ingin menyenangkan orang lain dan lebih mementingkan orang lain daripada  diri sendiri. Tugas tugas  belajar kelompok mempermudah anak tersebut untuk “beraktualisasi’ pada kesempurnaan dan keberhasilan tim.

Berikan peran bagi anak ini agar dapat menjadi pioneer keberhasilan kelompok belajarnya tanpa mengecilkan arti upaya teman temannya yang lain dalam kelompoknya.

Kedua, Hasrat Untuk Diakui

Upaya untuk menarik perhatian melalui ucapan  sikap dan tingkah lakunya merupakan hasrat atas kebutuhan untuk diakui. Tugas tugas individual yang dapat melejitkan minat dan bakat serta kompetensinya akan membuatnya mudah menyelesaikannya. Dengan demikian akan meningkatkan rasa percaya diri dan harga dirinya.

Hargai setiap upaya anak  dalam menjalani proses pembelajaran secara individual  dengan demikian anda telah memenuhi  kebutuhan diakui anak kurang berpendirian

Ketiga, Berikan Penguatan (reinforcement).

 Berikan penguatan pada minat, harapan dan kecemasan mereka, buat dia tahu bahwa anda memperhatikannya, kritiklah dengan cara bijak agar dia tidak merasa diserang. Dengan demikian mereka akan merasa kepentingannya juga sama pentingnya dengan kepentingan orang lain.

Bangkitkan semangat belajarnya, keceriaan dan sense of humornya agar dia bisa mewujudkan impiannya secara menyenangkan. Bersambung..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT