Membangun Karakter Siswa pada Era ICT
Information Communication Technology (ICT) sudah mengubah banyak hal ,dalam dunia bisnis ,sosial kemasyarakatan termasuk pendidikan.Mulai prosedur dan gaya beraktivitas berbasis ICT berubah seiring dengan kecanggihan tehnologi itu.Sebagai guru tidak boleh memandang sebelah mata perkemabangan itu mengingat siswa sudah akrab dengan dunia ICT.
Kemampuan ICT menggunakan computer sebagai media pembelajaran merupakan alat bantu yang sangat efektif. Guru diharapkan tidak terpaku menggunakan kapur dan ceramah saat mengajar. Namun menggunakan media pembelajaran berbasis ICT., siswa dapat tereksplorasi,system inderanya baik visual,audio,feel dan kinesttiknya.Serta imajinasi mereka dapat berkembang lebih baik karena gambaran dan tayangan yang bersifat audio visual dan interaktif.
Disamping itu ICT semestinya dapat dimanfaatkan oleh siswa bukan saja sebagai media belajar,namun juga sarana komunikasi,antar sesama siswa dan guru serta dimanfaatkan untuk pengembangan diri siswa dan guru. .
Media ICT bukan hanya sebagai media belajar,,media informasi dan media komunikasi namun media ini juga sangat kuat dalam mempengaruhi atau menanamkan nilai nilai kehidupan. Terbukti dunia bisnis menggunakan media ICT sebagai sarana iklan dan promosi penjualan.
Karena itu para guru diharapkan dapat mengakomodasi nilai nilai luhur sebagai pembentukan karakter anak bangsa melalui Media ICT. Nilai nilai luhur itu adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan,nilai moral,nilai agama ,nilai budaya , nilai kebangsaan dan nilai estetika.
Kecakapan seorang guru dalam mentransformasikan hubungan materi pelajaran dengan peristiwa peristiwa yang terjadi.saat ini.Hal ini akan membantu siswa lebih bisa menghayati informasi kedalam memorinya.Semakin banyak pengetahuan nyata kan memudahkan mereka menemukan sumber sumber informasi dan menjadikannya sebagai pengalaman belajar yang menyenangkan.
Program –progam pembelajaran berbasis ICT dapat menggunakan elemen elemen multi media:
1. Bahasa Tulis . bahasa tulis adalah merupakan ungkapan perasaan sekaligus komunikasi dan tukar informasi serta pengetahuan.teks bahasa tulis ini semestinya dapat digabungkan dengan elemen elemen multi media yang lain.
2. Grafik atau diagram; merupakan penggunaan bahasa symbol untuk memberi pemahaman kepada siswa lebih mudah dan singkat dibanding bahasa tulis disamping memiliki daya tarik tersendiri.
3. Audio : efek suara dapat menimbulkan sensasi dan memperkuat imajinasi siswa dalam menghayati materi yang diajarkan.Hal ini diharapkan dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran yang lebih menarik dan berkesan.
4. Video :pengajaran menggunakan video mengajak siswa melihat secara langsung melalui gambar sebuah kejadian nyata ynag dapat membangkitkan daya berpiki kritis siswa dalam memaknai nilai nilai yang bakal ditanamkan.pengaruh lihat dengar dan perasaan dapat memperkuat sistem nilai yang dimiliki siswa.
5. Animasi : daya tarik anaimasi dapat mengembangkan daya tarik fantasi dan imajinasi siswa serta menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan.
Untuk itulah seorang guru dituntut ;
Pertama ;Tidak hanya menguasai ICT hingga terampil tetapi juga sanggup menggunakannya sebagai kecerdasan intelektual,inovasi kreasi dan imajinasi dalam KBM.
Kedua,Guru diharapkan dapat menyusun strategi pembelajaran berbasis ICT berupa tema tema esensial,aktual ,global dan penanaman nilai moral.Menjadi dari sekedar pengetahuan menjadi penghayatan nilai kehidupan dan perubahan perilaku.
Ketiga:Dengan wawasan yang lebih luas guru diharapkan dapat menanamkan keluhuran budi dalam setiap cabang ilmu (filsafat ilmu ) yang diajarkan kepada siswa.
Akhirnya kegemaran siswa dalam menggunakan ICT sebagai media informasi dan hiburan dapat membangun jati diri sebagai karakter manusia yang seutuhnya. Berilmu ,beramal ,berahklak dan berdaya saing.Selamat mencoba…!
Komentar
Posting Komentar