COMMUNICATION SKILL PRIORITAS UTAMA DALAM REKRUTMEN KARYAWAN
Kank Hari Santoso "Motive in Action Coach" |
Keterampilan komunikasi merupakan kebutuhan
dasar dari sebuah proses operasional
kegiatan bisnis ataupun organisasi, karena dengan berkomunikasi dapat terjalin relasi yang harmonis
hubungan antar person, team work , hubungan antara unit kerja dan bidang, sampai
pada lingkungan ekternal perusahaan.
Dalam wawancara pun keterampilan komunikasi
calon karyawan tidak hanya diukur dari kemampuan menjelaskan diskripsi secara
lugas dan sistematis, melainkan juga
komunikasi persuasive, yang mampu memberikan kesan perusahaan akan mendapatkan
keuntungkan jika memilih anda sebagai
karyawan.
Terkait juga dengan keterampilan komunikasi
sesuai dengan job placement keterampilan
bahasa Inggris, Bahasa Mandarin , bahasa Jepang , bahasa Korea merupakan point
of value yang akan diperhitungkan
oleh perusahaan.
Agar anda memiliki keterampilan berkomunikasi
maka berikut beberapa tips yang bisa dikembangkan:
1.
Miliki keberanian menyampaikan pendapat
dengan sopan dan argumentative.
2.
Biasakan menyampaikan gagasan secara
persuasive kepada orang tua, guru dan
dosen serta orang dewasa lainnya.
3.
Bergabunglah dengan berbagai
organisasi kepemudaan, karang taruna , BEM
dsb
4.
Sering membuat kegiatan diskusi dan
negoisasi akan menambah keterampilan kreatif dalam komunikasi.
5.
Kembangkan keterampilan berpidato ,
atau presentasi , karena presentation skill memiliki nilai tambah dalam system penilaian
kinerja karyawan .
Keterampilan komunikasi dapat menunjukkan potensi pribadi yang anda miliki,
kuasailah….
Komentar
Posting Komentar