COMMUNICATION SKILL PRIORITAS UTAMA DALAM REKRUTMEN KARYAWAN


Kank Hari Santoso "Motive in Action Coach"
Keterampilan komunikasi merupakan kebutuhan dasar dari  sebuah proses operasional kegiatan bisnis ataupun organisasi, karena dengan  berkomunikasi dapat terjalin relasi yang harmonis hubungan antar person, team work , hubungan antara unit kerja dan bidang, sampai pada lingkungan  ekternal perusahaan. 

Dalam wawancara pun keterampilan komunikasi calon karyawan tidak hanya diukur dari kemampuan menjelaskan diskripsi secara lugas  dan sistematis, melainkan juga komunikasi persuasive, yang mampu memberikan kesan perusahaan akan mendapatkan keuntungkan jika memilih anda  sebagai karyawan.


Terkait juga dengan keterampilan komunikasi sesuai dengan job placement keterampilan bahasa Inggris, Bahasa Mandarin , bahasa Jepang , bahasa Korea  merupakan point of value  yang akan diperhitungkan oleh perusahaan. 

Agar anda memiliki keterampilan berkomunikasi maka berikut beberapa tips yang bisa dikembangkan:

1.      Miliki keberanian menyampaikan pendapat  dengan sopan dan argumentative. 

2.      Biasakan menyampaikan gagasan secara persuasive kepada orang tua, guru dan dosen  serta orang dewasa lainnya.

3.      Bergabunglah dengan berbagai organisasi kepemudaan, karang taruna , BEM  dsb

4.      Sering membuat kegiatan diskusi dan negoisasi akan menambah keterampilan kreatif dalam komunikasi.

5.      Kembangkan keterampilan berpidato , atau presentasi , karena presentation skill memiliki nilai tambah dalam system penilaian kinerja karyawan .
Keterampilan  komunikasi dapat  menunjukkan potensi pribadi yang anda miliki, kuasailah….  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT