Melatih Siswa Berpikir Kritis (KURIKULUM 2013)

Dimasa depan berpikir kritis menjadi tuntutan bagi setiap individu,mengingat dunia tidak lagi bisa dibatasi dengan aturan aturan yang mengingat, era keterbukaan  hadir dengan segala muatannya  sehingga apabila kita tidak pandai dalam memilih dan memilah perilaku maka bukan hanya merusak identitas diri namun bisa menghancurkan satu generasi.

Oleh Karena iu penting bagi peserta didik untuk dibekali daya berpikir kritis. Apakah Daya Berpikir Kritis ..? Berpikir Kritis  Sebuah kemampuan atau keterampilan berpikir yang dimiliki seseorang dalam menganalisa ,menyeleksi ,mengembangkan dan memecahkan masalah hingga dapat memberikan solusi. Bagaimana membiasakan siswa berpikir kritis ..?


·         Biasakan siswa untuk teliti dalam menyelesaikan tugas nya,dorong siswa untuk bisa menjelaskan lebih detil materi yang dipelajarinya. Sehingga siswa dapat memperkuat argumennya dengan dukungan data dan dapat menjelaskan lebih rinci atas penelitian /percobaannya.

·         Ajaklah siswa menemukan  hubungan yang relevan antara teori /konsep yang diketahuinya sehingga siswa memiliki kemampuan membedakan antara fakta dengan sebatas ide/opini. Disamping siswa dapat memiliki kemampuan  untuk melihat secara langsung ,hubungan sebab akibat ,aksi reaksi ,induksi dan deduksi dari gagasannya.


·         Bangkitkan rasa percaya diri siswa untuk berani mengemukan argument yang kuat dengan didukung  data ,informasi ,pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi agar siswa bersangkutan dapat terlatih memegang prinsip dan menuji kebenaran dari kesimpulannya.

·         Dukunglah siswa untuk menemukan fakta fakta dari pengetahuan yang dipelajarinya ,dengan mendorongnya untuk menggali informasi dari berbagai sumber informasi.Dengan demikian siswa memiliki keyakinan yang kuat atas ilmu yang dipelajarinya.


·         Berikan kesempatan kepada siswa untuk memprediksi atau menganalisa sebab akibat dalam sebuah rencana atau rancangan penelitaan/percobaan  dalamkegiatan pembelajaran sampai   memiliki kemampuan  menyusun suatu kesimpulan.

·         Dukung daya analisa siswa sehingga menemukan landasan dasar dari pengetahuan yang ingin didapatnnya melalui kemampuan analisa dalam isi ,unsure,pola ,hubungan sbab akibat ,prinsip ,bias samapai resikonya dimasa depan .

Yang terakhir berikanlah kesempatan kepada siswa untuk bertanya,mengajukan pendapat ,usulan atau mengkritisi  materi pelajaran secara nyaman,agar siswa berkesempatan belajar secara efektif .



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT