Melatih Siswa Berpikir Kritis (KURIKULUM 2013)
Dimasa depan berpikir kritis
menjadi tuntutan bagi setiap individu,mengingat dunia tidak lagi bisa dibatasi
dengan aturan aturan yang mengingat, era keterbukaan hadir dengan segala muatannya sehingga apabila kita tidak pandai dalam
memilih dan memilah perilaku maka bukan hanya merusak identitas diri namun bisa
menghancurkan satu generasi.
Oleh Karena iu penting bagi
peserta didik untuk dibekali daya berpikir kritis. Apakah Daya Berpikir Kritis
..? Berpikir Kritis Sebuah kemampuan
atau keterampilan berpikir yang dimiliki seseorang dalam menganalisa
,menyeleksi ,mengembangkan dan memecahkan masalah hingga dapat memberikan
solusi. Bagaimana membiasakan siswa berpikir kritis ..?
·
Biasakan siswa untuk teliti dalam menyelesaikan
tugas nya,dorong siswa untuk bisa menjelaskan lebih detil materi yang
dipelajarinya. Sehingga siswa dapat memperkuat argumennya dengan dukungan data
dan dapat menjelaskan lebih rinci atas penelitian /percobaannya.
·
Ajaklah siswa menemukan hubungan yang relevan antara teori /konsep
yang diketahuinya sehingga siswa memiliki kemampuan membedakan antara fakta
dengan sebatas ide/opini. Disamping siswa dapat memiliki kemampuan untuk melihat secara langsung ,hubungan sebab
akibat ,aksi reaksi ,induksi dan deduksi dari gagasannya.
·
Bangkitkan rasa percaya diri siswa untuk berani
mengemukan argument yang kuat dengan didukung
data ,informasi ,pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi agar siswa
bersangkutan dapat terlatih memegang prinsip dan menuji kebenaran dari
kesimpulannya.
·
Dukunglah siswa untuk menemukan fakta fakta dari
pengetahuan yang dipelajarinya ,dengan mendorongnya untuk menggali informasi
dari berbagai sumber informasi.Dengan demikian siswa memiliki keyakinan yang
kuat atas ilmu yang dipelajarinya.
·
Berikan kesempatan kepada siswa untuk
memprediksi atau menganalisa sebab akibat dalam sebuah rencana atau rancangan
penelitaan/percobaan dalamkegiatan
pembelajaran sampai memiliki kemampuan menyusun suatu kesimpulan.
·
Dukung daya analisa siswa sehingga menemukan
landasan dasar dari pengetahuan yang ingin didapatnnya melalui kemampuan
analisa dalam isi ,unsure,pola ,hubungan sbab akibat ,prinsip ,bias samapai
resikonya dimasa depan .
Yang terakhir
berikanlah kesempatan kepada siswa untuk bertanya,mengajukan pendapat ,usulan
atau mengkritisi materi pelajaran secara
nyaman,agar siswa berkesempatan belajar secara efektif .
Komentar
Posting Komentar